MT.Sindoro


Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung

Secara lebih jelas, untuk mencapai puncak Gunung Sindoro via Kledung Temanggung, berikut ini informasi mengenai pos yang akan kamu lalui:
Pos 1 menuju pos 2
Setelah melakukan perjalanan selama 20 menit dari Besecamp via Kledung, maka kamu akan sampai di pos 1. Sesampainya di pos 1 maka kamu sudah harus berjalan kaki dengan melewati jalan setapak (bukan jalan bebatuan). Sepanjang perjalanan dari pos 1 menuju pos 2 ini maka sudah terlihat rimbunnya pepohonan, dan jalannya pun masih sangat mudah untuk didaki, karena memang masih sedikit tanjakan yang akan dilalui.

Pos 2 menuju pos 3

Setelah sampai di pos 2 maka istirahatlah sebentar untuk memulihkan energi, karena jalan yang akan kamu lalui lebih sulit yaitu sudah mulai ada tanjakan tajam dan didominasi dengan batu dan tanah licin. Dengan menuju pos 3, kamu juga sudah mulai keluar dari hutan, sehingga pemandangan di sekitar Gunung Sindoro akan terlihat jelas

Pos 3 menuju pos 4

Di pos 3 ini memiliki dataran yang ebih luas, sehingga tak heran jika banyak pendaki yang memilih mendirikan tenda di pos 3 ini sebelum mencapai summit. Perjalanan menuju pos 4 dari pos 3, perjalanan kamu akan sedikit sulit, dimana sudah mulai menanjak dengan kemiringan sekitar 40 sampai 60 derajat disertai dengan jalanan yang berbatu. Perjalanan menuju pos 4 ini, pemandangan yang akan terlihat sudah mulai menarik, karena kamu dapat melihat jajaran gunung secara jelas di depan mata kamu, yaitu Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Lawu dan Gunung Telomoyo.

Pos 4 menuju puncak

Pos 4 ini merupakan pos terakhir menuju puncak Gunung Sindoro, di sepanjang jalan kamu akan disajikan pemandangan yang sangat cantik dari kebun Edelweis ketika bermekaran. Di jalur pos 4 menuju puncak ini merupakan jalur terbuka, sehingga kamu akan lebih terasa sangat dingin dari pada sebelumnya.

Dengan ditandai kawah yang besar dengan semburan asap yang sangat cantik, maka kamu sudah mulai sampai di puncak Gunung Sindoro. Disini kamu juga bisa melihat hamparan pasir yang luas layaknya sebuah padang sabana, yang disebut dengan Segara Wedi, dimana jika terjadi musim hujan akan terisi dengan air, sehingga akan menjadi danau yang sangat indah.

Dari informasi beberapa pos yang akan kamu lalui, maka waktu yang kamu perlukan untuk mencapai puncak Gunung Sindoro adalah.

Dari Basecamp menuju pos 1 sekitar 1,5 jam

Pos 1 menuju pos 2 sekitar 1 jam
Pos 2 menuju pos 3 sekitar 2 jam
Pos 3 menuju pos 4 sekitar 1,5 jam
Pos 4 menuju puncak sekitar 1,5 jam

Sehingga untuk mencapai puncak Gunung Sindoro dari Basecamp akan membutuhkan waktu sekitar 7,5 jam. Untuk waktu turun maka akan dikurangi 20% hingg 40%, maka menjadi 4 atau 5 jam perjalanan.

No comments:

Post a Comment