MT.Kerinci


gunung kerinci

Gunung Kerinci, dan dikenal sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura) adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra.

Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh.Gunung Kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovolcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009. "wikipedia"

Jalur pendakian

Ada 2 jalur unutk melakukan pendakian Gunung Kerinci yakin:
1. Jalur pendakian via kersik tuo
2. Jalur pendakian via Solok

Jalur via Kersik tuo

Jalur pendakian gunung kerinci via kersik tuo merupakan jalur resmi yang relatif tinggi atau banyak di minati para pendaki. dibandingakan dengan jalur pendakian yang satunya yaitu via solok jalurnya lebih ekstrim dan susah, tetapi medan jalur via kersik tuo ini juga cukup melelahkan dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sistem pendakian gunung kerinci ini sudah sangat di netralisirkan dengan akses dan rute menuju basecamp tidak lah sulit. dari bandara Internasional Minangkabau, Padang, bisa menggunakan transportasi travel langsung menuju ke basecamp pendakian. tarif travel antara Rp. 150.000  -  Rp. 200.00 ,- dengan waktu tempuh sekitar 8 jam perjalanan,Setelah sampai di basecamp, pendaki tidak usah khawatir karena basecamp buka 24 jam jadi para pendaki bisa beristirahat, ataupun makan untuk mengisi tenaga terlebih dahulu.

   Basecamp  -  Pintu Rimba

Setalah beristirahat untuk menuju ke pos perijinan bisa naik ojek atau jika kuota peserta pendakian atau rombongan cukup banyak bisa naik pick up yang sudah tersedia di basecamp. dengan tarif sekitar Rp. 15.000 ,-  transportasi tersebut akan mengantar para pendaki menuju ke pintu rimba.

Pick up tidak akan mengantar sampai di depan pintu rimba, pick up akan menurun kan para pendaki di sekitar perkebunan teh penduduk dan itu jaraknya sudah lumayan deket dengan pintu rimba, para pendaki harus melewati perkubnan teh tersebut.

   Pintu Rimba  -  Pos 1 

Pintu Rimba ini berupa sebuah Gapura cukup besar dan itu akan mengawali atau memulai perjalanan pendakian gunung kerinci menuju ke pos 1. medan jalur berupa tanah padat sempit tetapi tidak menanjak, tidak memerlukan waktu yang banyak hanya 30 menit. itupun belum terasa untuk nguras tenaga para pendaki

   Pos 1  -  Pos 2 

Setelah sampai di Pos 1 (bangku panjang) ini tempat nya berada di ketinggian sekitar 1.890 Mdpl. tanah nya padat dan lokasinya cukup luas juga terdapat tempat untuk beristirahat. dari pos 1 menuju ke pos 2 (batu lumut) medan jalur nya masih tetap landai tetapi lama - kelamaan akan terasa menanjak. jika terjadi hujan pada saat itu medan jalur akan semakin sulit dilalui, hati - hati rawan kepreset ataupun jatuh karena licin ditambah dengan banyak pepohonan kecil tumbang. memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk menuju ke pos 2. 

   Pos 2  -  Pos 3 

Setelah sampai di pos 2 (batu lumut) yang berada di ketinggian sekitar 2.010 Mdpl. tempat ini berupa tanah yang cukup luas, para pendaki bisa beristirahat sejenak di sini namun tidak ada tempat pos atau rumah seperti warung. dari pos 2 menuju ke pos 3 ini medan jalur sudah mulai menanjak dan tetap juga terdapat pepohan tumabag di area sepanjang medan jalur. membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk menuju ke pos 3.

   Pos 3  -  Shelter 1

Dari pos 3 (pondok panorama) yang berada di ketinggian kurang lebih 2.225 Mdpl. ditempat ini para pendaki akan menemukan sumber air, tidak seperti pos sebelumnya lokasi nya tidak luas. unutuk menuju ke shelter 1 ini para pendaki sudah mulai merasakan medan jalur yang cukup berat dan tetap masih di dominasi pohon tumbang di sepanjang jalur tetapi lebih menanjak karena sudah berada di setengah jalur gunung kerinci.

   Shelter 1  -  Shelter 2 

Shelter 1 ini berada pada ketinggian kurang lebih 2.505 Mdpl. tempat tersebut cukup aman para pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalaman di sana. lokasi tanah nya juga cukup luas, setelah para pendaki bermalaman di shelter 1 para pendaki bisa melanjutkan menuju ke shelter 2, dengan medan jalur seperti awal pendakian berupa tanah padat dan pepohonan akar ditambah lebih menanjak dari sebelumnya, selain itu rete nya sangat panjang sehingga membutuhkan tenaga yang cukup banyak.

Di tengah - tengah perjalanan sebelum sampai di shelter 2 terdapat pos berupa tempat datar terbuka dan bisa digunakan untuk beristirahat sejenak, di samping itu pula, suhu dingin pun sudah mulai terasa daru gunung kerinci. melanjutkan pendakian medan jalur masih tetap berlanjut menanjak. membutuhkan waktu sekitar 2.30 jam perjalanan

   Shelter 2  -  Shelter 3

Shelter 2 ini berada pada ketinggian kurang lebih 3.056 Mdpl, tempat ini terdapat lahan camp yang sering dijadikan tempat camp sehingga menjadi lahan yang khusus dan terdapat Sumber air. para pendaki mungkin akan kaget pada saat melihat jalur yang satu ini yang berbeda dengan jalur
pendakian gunung yang lainnya, bisa dibilang medan jalur ini cukup menyiksa dan menyusahkan sekali bagi para pendaki.
Di saat para pendaki melewati jalur tersebut langsung menanjak, sempit dan curam, ditambah akar - akar pepohonan di sepanjang jalur hingga ada terowongan akar pepohonan yang dilewati. memanjat, merayap, melipir, merangkak. disini para pendaki harus saling membantu untuk menarik tangan teman pendaki bila kesusahan dan harus bersabar unutuk melewati jalur ini. jalur semacam ini tidak ada habis - habis nya dan bila mencapai di shelter 3 para pendaki mungkin sudah sangat lega.

Para pendaki harus saling berkoordinasi untuk memilih jalur yang mudah, ada jalur yang mudah tetapi hanya saja cuman sedikit dan cuman sesaat. mau melipir dikit lewat sisi - sisi jalur jalur air, daripada melewati jalur air yang ujung nya akan memanjat untuk naik. membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan. 

   Shelter 3  -  Tugu yudha 

Shelter 3 ini berada pada ketinggian kurang lebih 3.291 Mdpl. tempat ini berdekatan dengan batas vegetasi gunung kerinci, berupa area terbuka yang luas sekali dengan sebuah shelter, terdapat sumber air juga dan tempat ini adalah lokasi camp terakhir disamping area yang luas dan terbuka ini para pendaki akan disuguhi dengan pemandangan Gunung 7, kota padang, jambi dan keindahan perbukitan di sekeliling gunung kerinci. Puncak gunung kerinci terlihat jelas bila berada di sini, sebelum menuju ke puncak memprediksi terlebih dahulu cuaca di puncak ini kadang badai dan berkabut.

Setelah sampai di shelter 3, jalur yang akan membebaskan para pendaki dari medan jalur sebelumnya yang ekstrim dan beralih ke area cadas berbatu terjal, setelah melewati batas vegetasi, medan jalur tidak berupa pasir seperti hal nya gunung rinjani dan gunung semeru. namun berbatu dan kerikil yang cukup menguras tenaga ditambah menanjak, terkadang tiupan angin alam berhembus kencang di sepanjang jalur menuju ke puncak gunung kerinci. membutuhkan waktu sekitar 2 jam pernajalan 

 Tugu yudha  -  Puncak

Tugu yudha adalah tempat isitrahat terkahir para pendaki untuk menuju ke puncak, berupa tempat daerah cadas yang datar, terdapat pula tanda penujuk berupa pipa besi yang di cat bewarna merah  - kuning di sepanjang jalur untuk mencegah pendaki tersesat bila mana terjadi kabut saat menuju ke puncak. 
Setelah beristirahat, di tugu yudha para pendaki bisa melihat bagaimana jalur selanjutnya untuk menuju ke puncak dengan tanjakan yang curam. merupakan tanjakan berbatu terakhir yang harus dilalui sebelum sampai menuju ke puncak gunung kerinci.
Puncak gunung kerinci, disebut dengan puncak indrapura yang berada di ketinggian 3.805 Mdpl. berupa bibir kawah yang aktif seluas 400 x 120 meter dengan kedalaman sekitar 600 meter dan menyemburkan atau mengeluarkan gas belerang. setelah tiba di puncak gunung kerinci, tampak pemandangan yang saya sebutkan tadi ditambah samudra hindia dan bisa dinikmati dengan secangkir teh atau kopi ditambah pada saat sunrise.   
waktu terbaik saat mendaki gunung kerinci adalah pada musim kemarau yaitu antara bulan juni - September .disarankan para pendaki jangan mendaki saat musim hujan .dikarenakan pada musim hujan jalur sering longsor dan pandangan bada, situasi badai membuat para pendaki bisa berpencar/kesasar 

No comments:

Post a Comment